Monday, January 25, 2010

download kitab Ibnu Aqil


by tedisobandi


siapa yang tidak kenal dengan ulama ahli nuhat yang satu ini..? bila dibicarakan di depan santri-santri, pasti mereka akan mengatakan, ya kami sangat kenal sekali. kenal di sini bukan berarti sudah pernah bertemu atau kenalan, karena zaman keberada’an beliau memang jauh. namun dengan hasil karya-karya beliau, kami mengenal syaih al-alamah ini.

kitab ibnu aqil adalah kitab syarah dari kitab al-fiah ibnu malik.

dengan pensyarahan yang begitu mendetail dan mudah di pahami, maka terbukalah pengertian nadzhom al-fiah ibnu malik yang untuk orang awam dan baru belajar ilmu nahwu dan shorof memang sulit di mengerti.

memang, menurut kami (WSA) juga, kitab al-fiah itu sangat sulit sekali (di karenakan kejahilan kami he.he), karena kitab al-fiah itu gaya bahasa yang tinggi, pemahaman ilmu nahwu shorof yang begitu dalam, di tambah nadzhom yang begitu indah bila di lagukan, dan di hafal oleh santri-santri. maka bersyukur sekali dengan adanya kitab ibnu aqil ini, dan di tambah keterangan dan pelajaran dari guru kami, yang bisa membuka hijab-hijab dari al-fiah, kami mulai bisa memahami sedikit demi sedikit ilmu nahwu dan shorof, demi bekal untuk menggali ilmu-ilmu agama yang mana tidak akan sempurna bila tidak mengetahui ilmu bahasanya, diantaranya ilmu nahwu dan shorof.

bagi yang mencari kitab ibnu aqil untuk di download maka siapapun boleh mendownload di sini

مجلد 1

مجلد 2

مجلد 3

مجلد 4

الواجهة

atau bisa anda download untuk hasiyah khudory-nya di sini http://www.archive.org

No comments:

Post a Comment